Kamis, 29 Juli 2010

Huruf Kaptial


seringkali saya melihat dalam penulisan kata 'God' atau 'Tuhan' didalam sebuah forum atau blog atau juga di facebook, tidak memakai huruf kapital. seperti God menjadi god dan Tuhan menjadi tuhan. sepertinya ini menjadi permasalahan yang mendasar dari arti kalimat itu sendiri dan dari arti kata itu sendiri. jika kita bermaksud itu Tuhan, tetapi kita menulis tuhan. itu menurut saya tidak salah. karena di dunia ini banyak tuhan tuhan yang lain. tetapi kita salah memaksudkan Tuhan yang kita ingin sampaikan. sehingga banyak sekali orang yang keder atau sebenarnya mereka tidak 'ngeh' terhadap tulisan huruf kapital tsb. dan kita perbandingkan dari beberapa kalimat yang sudah di gunakan.
  1. Surga .. jika kita melihat kutipan dari lagu Bryan adams "heaven" . itu tidak salah.. tetapi jika anda menulis "aku ingin ke Surga" , itu menandakan Tuhan serius akan hal yang km katakan.
  2. Jesus .. ya, memang seharusnya dengan huruf besar 'J'
  3. God .. jika ada yang menulis dengan kata 'god' , maka itu artinya tuhan yang lain. :)
  4. Roh kudus .. ya, karena sama dengan Allah
  5. Sebutan Allah .. beberapa orang berfikir bahwa setiap panggilan Tuhan itu di tulis dengan huruf kapital. mereka mengirimkan kalimat : "Holy One atau Savior and Father" . saya kurang mengerti yang ini. karena ini adalah kata benda atau bagian dari penggandaan sekarang atau masa lalu. coba anda yang menganalisanya :)
  6. Alkitab.. apakah seharusnya alkitab juga ? bagaimana menurut anda ?
  7. Setan .. saya berfikir tidak memakai huruf kapital untuk kata ini. tidak tau kenapa. haha.. bagaimana analisa anda ?
dan masih banyak lagi.. hanya saya sangat tergelitik jika orang orang dalam status Facebook / twit nya menulis kata Tuhan dengan tidak memakai huruf kecil. sayang sekali, padahal arti dari kalimat ini sungguh luar biasa "tuhan,engkau yang mempunyai kuasa dan kemuliaan sampai selama lamanya" , tak kita sadari Tuhan berbisik kepada kita.. 'Tuhan yang mana yang kamu maksud?" . hahahaha :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar